Contoh Masalah atau Kasus Pembelajaran PKn Kelas 5 SD



hari ini saya mau nge-share nih tugas TAP ku....semoga bermanfaat kedepannya!!1
Fighting!!!!

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ8p-BvTNYV1_xBcLU4ibbdYbYNJtr0UdUYjWbJato07Xe54wmm          Pak Suyono adalah guru salah satu SD swasta di Jakarta. Beliau mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas 5. Tepat pukul 07.00 bel berbunyi. Semua siswa bergegas masuk ke ruang kelas masing-masing. Pak Suyono pun segera masuk kelas, suasana yang semula gaduh menjadi tenang dan mereka pun mengucapkan salam. “Selamat pagi, Pak?”. “Selamat pagi,” jawab Pak Suyono sambil tersenyum. Pak Suyono kemudian melakukan absensi, memanggil siswanya satu per satu. Setelah selesai mengabsen, Pak Suyono memulai pelajaran.
        Dengan menyuruh siswa untuk menyalin salah satu bahan pelajaran PKn yaitu materi batas-batas wilayah NKRI. Sementara pak Suyono menulis di papan tulis, pak Suyono juga mengingatkan supaya mereka mulai menyalin. Pak Suyono setidaknya butuh waktu 18 menit untuk menulis. Kemudian beliau mengingatkan lagi muridnya agar menyalin yang rapi sampai selesai. Setelah selesai menulis, beliau duduk di tempat duduknya dan mengawasi siswa yang tidak mencatat atau bahkan bercanda dengan teman sebelahnya. Selang waktu setengah jam anak-anak pun selesai. Pak Suyono pun menjelaskan apa tadi yang ditulisnya di papan tulis dan siswa pun mendengarkan. Saat ditanya apakah ada pertanyaan yang hendak ditanyakan suasana kelas hanya diam.
       Tiba akhirnya di penghujung pertemuan, beliau pun meberikan tes formatif yang harus di kerjakan siswanya untuk mengetahui tingakat pemahaman mereka. Selama 15 menit mereka mengerjakan soal tersebut. Tidak banyak soal yang diberikan Cuma 10 soal. Setelah diperiksa ternyata dari 25 anak dalam kelas hanya 4 siswa saja memenuhi KKM.  Orang mendapatkan nilai 70 dari KKM 70 dan nilai tertinggi didapatkan oleh 1 orang yaitu nilai 80.
nanti coba deh cari kelemaha, identifikasi masalah, alternatifnya sendiri ya!!! 


by: Safitriindah....

Comments

  1. Apa kelemahan dan kelebihan pak Suyono yang mengajar mata pelajaran dikelas 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak suyono harusnya memahami setiap karakteristik peserta didiknya agar dapat menyesuaikan jenis pelajaran sesuai dengan karakter tiap peserta didik.

      Delete
  2. adakah jawaban penyelesaian
    atas kasus di atas

    ReplyDelete

Post a Comment